CopyScape: melihat apakah artikel Anda diduplikasi orang lain?

Akhir-akhir ini semakin banyak saja orang membuat website, baik itu untuk kepentingan pribadi, sekolah, bisnis atau untuk sekedar kumpulin earning dari program affiliasi atau adsense. Kemungkinan kasus copy paste dari sebuah website ke website lainnya juga semakin besar. Banyak juga website besar meng-copy isi dari website kecil-kecilan dan sebaliknya juga lebih banyak lagi.

Nah..untung sekarang udah ada scribd (klik disini untuk melihat postingan tentang scribd) yang memungkinkan kasus copy paste menjadi sulit untuk dilakukan bajakers.

Tapi ada satu lagi layanan gratis yang mungkin bisa menjadi referensi kita untuk melihat apakah artikel kita disalin oleh orang lain atau tidak. Namanya CopyScape. Penggunaan fiturnya juga cukup simple, kita cukup mengetikkan alamat website kita pada form pencarian yang ada di tengah halaman depannya.

1. Klik disini untuk ke CopyScape.com
2. Muncul halaman depan.. kira-kira seperti ini:
copyscape mampu melihat apakah website kita disalin orang atau tidak

3. Lalu coba kita ketikkan alamat website kita atau kita bisa ambil contoh dari website populer seperti ketawa.com

4. Kita coba ketikkan ketawa.com dan tekan tombol Go. Mungkin akan muncul seperti ini:
copyscape mampu melihat apakah website kita disalin oleh orang lain atau tidak
Klik pada gambar untuk memperbesar gambar. Hasil pencarian hanya ditampilkan 10 hasil saja. Jika ingin ditampilkan semua hasil maka kita harus membeli premium account.

5. Lihat pada gambar, yang dilingkari merah merupakan alamat website yang sebagian atau salah satu isinya ada yang sama dengan ketawa.com

Walaupun kita sudah sedikit lega dengan adanya Copyscape ini tapi kita masih belum tahu siapa menyalin siapa. Ya khan??

Karena dengan kita mengetikkan www.humorindonesia.net pada halaman depan saat pencarian maka www.ketawa.com juga akan masuk sebagai hasil dari pencarian. Ini yang masih belum terpecahkan.

Untuk layanan yang lebih professional, copyscape menawarkan perlindungan online terhadap plagiatisme (penyalinan) terhadap website kita, yaitu layanan yang bernama copysentry. Copysentry secara otomatis memeriksa website dari penyalinan halaman dan jika ada website lain yang menyalin isi dari website milik kita maka copysentry akan memberikan info ke kita melalui email. Tapi sayang layanan ini berbayar. Kita harus setor $4.95 perbulan untuk menikmati layanan itu.

Gimana?? ada yang berminat??


Artikel terkait: --> Scribd.com: Ubah artikel menjadi bentuk streaming dan cegah pembajakan

Comments