Domain Mapping: customize domain blogger | merubah alamat blogger menjadi lebih singkat - part 1

Domain mapping merupakan sebuah proses menempatkan nama domain yang telah terdaftar ke sebuah blog atau website. Domain mapping lebih bagus daripada domain forwarding (seperti pada postinganku disini), karena tautan (link) permanen dan URL, mengandung alamat dari domain Anda, dan bukan merupakan subdomain seperti momonsolommon.blogspot.com.

Layanan domain forwarding seperti freedomain.co.nr hanya bisa mengalihkan nama domain ke alamat blog kamu atau menyembunyikan alamat blog asli kita dengan alamat milik freedomain.co.nr, teknik ini dinamakan cloaking URL / Masking URL. Sebagai contoh: Anda mempunyai blog yang bernama momonsolommon.blogspot.com, Anda mendaftar layanan domain forwarding, lalu Anda mempunyai alamat dari domain forwarding misalnya momon.co.nr. Ketika pada address bar Anda mengetik alamat momon.co.nr maka sejenak kemudian pada address bar akan berganti menjadi alamat asli blog Anda kembali, atau ketika Anda mengetik momon.co.nr pada address bar maka isi halaman akan sama persis dengan isi halaman blog asli Anda, alamat pada address bar tidak kembali menjadi alamat asli blog Anda karena alamat asli blog Anda ditutupi oleh momon.co.nr.

Kelebihan pada domain mapping yaitu semua alamat halaman web kita akan berubah total mengikuti nama domain kita. Sebagai contoh alamat semula blog Anda adalah momonsolommon.blogspot.com lalu Anda membuat postingan dengan judul Mempersingkat Alamat blog, postingan itu akan membuat alamat URL misalnya seperti ini: http://momonsolommon.blogspot.com/2008/05/persingkat-alamat-blog-dengan.html.

Dengan domain mapping maka alamat blog Anda menjadi momon.com dan alamat URL postingan Anda berubah mengikuti nama Domain Anda menjadi seperti: http://momon.com/2008/05/persingkat-alamat-blog-dengan.html. Lebih simple dan praktis bukan?

Lalu bagaimana caranya menerapkan domain mapping ini ke alamat blogku?

Nantikan lanjutan postingan ini segera…. Terima kasih…

Comments

Post a Comment

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, berikan kritik dan saran untuk kemajuan Blog / tulisan pada form yang disediakan.