Buat website dengan AJAX dan PHP

Setelah pusing dan ribet dengan CMS kayak joomla, auracms, dll... saya putuskan untuk kembali lagi membuat website dengan cara manual. Mikir-mikir panjang untuk membuat website yang ringan dan cepat untuk diakses akhirnya menuntun saya ke situs DHTMLGoodies.com. Yang saya inginkan adalah website yang ringan diakses, jika tamu meng-klik sebuah link, maka berita / artikel hanya akan muncul pada area tertentu saja bukan 1 halaman yang direload lagi. Pertama saya berangan untuk memakai frame saja, tetapi setelah googling saya jadi tahu kalo frame tidak search engine friendly. Setelah lihat-lihat script di DHTMLGoodies.com saya nemu script AJAX yang mereload satu kali halaman pada saat dibuka lalu jika tamu meng-klik link maka halaman itu akan muncul hanya pada block tertentu.

Keinginan pertama ketemu..
Kedua.. membuat design agar sesuai dengan yang saya inginkan dan nempel-nempelkan script-script lain. Ini yang susah... semaleman saya utak-atik agar script asli yang tampilannya hanya terdiri dari satu navigasi di kanan dan satu content, saya ubah jadi dua navigasi pada kanan dan kiri. Akhirnya sampai jam 2 pagi selesai juga. besoknya lagi saya cari-cari script php buat ngambil headline berita dunia dari reuter ataupun bbc, setelah coba-coba ternyata yang berhasil adalah script dari web w3c, saya utak-utik lagi nyampe pagi lagi.

Rencananya sih, ini mau saya bikin untuk webnya SMK Negeri 1 Kedungwuni aja, karena selama ini aku pake CMS joomla dan aura. Dan setelah ada masalah dengan hostingnya saya sementara ini pake blogger interface webnya SMK Negeri 1 Kedungwuni.

Mau tahu script AJAX/PHP yang udah saya odal-adil??

Anda bisa mendownloadnya disini -> http://www.ziddu.com/download/1917830/smkweb.zip.html

Tetapi itu masih belum saya sempurnakan lagi. Bagi Anda yang lebih tahu dan lebih pengalaman dengan AJAX/PHP mohon saya dikasih petunjuk dan pencerahan.

Oh ya... script itu hanya dapat berjalan melalui http server. Artinya Anda harus meletakkan file itu di direktori root sebuah http server seperti apache, lalu jalankan file index.php-nya....

Thank4ur Attention...

Comments

  1. Makasih file contohnya mas. Mas, saya juga coba buat-buat sebuah PHP Class, gunanya untuk mempermudah kita memanggil suatu fungsi/method di PHP dari javascript.jadi kita bisa panggil dan return secara langsung suatu fungsi/method di PHP. Tipe hasil dapat berupa string (misal tabel artikel dlm bentuk html), numeric, array, object, dsbnya, sesuai dengan kebutuhan kita. gimana mnrt anda? linknya ada di http://plugins.jquery.com/project/jqSajax

    ReplyDelete
  2. terima kasih mas atas saran dan infonya... saya sangat terbantu. Akan saya coba segera. Thank a lot

    ReplyDelete
  3. thanx buat sample nya ne..berguna bt kuliah web gue

    ReplyDelete
  4. sip atas informasinya...aku akan mencobanya..

    ReplyDelete
  5. saya masih proses belajar membuat website yang agak rumit bukan hanya menampilkan info doang menggunakan ajax dan php..cenderung rumit memang... tapi tak boleh berhenti belajar..

    thanks for sharing

    ReplyDelete
  6. wew..izin sedot mas..buat belajar ajax..
    maklum mas masih newbie..:D

    ReplyDelete
  7. thnx mas tutorialnya.ini hanya saran ya mas tolong database nya di ikut sertakan dunk. biar para pemula tidak kebingungan.trims

    ReplyDelete

Post a Comment

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, berikan kritik dan saran untuk kemajuan Blog / tulisan pada form yang disediakan.