Cara Menambahkan User pada Linux Debian secara Massal

Mengelola pengguna pada sistem Linux terdengar sangatlah mudah, hal itu dikarenakan jumlah user yang relatif sedikit. Namun jika kita berurusan dengan jumlah pengguna yang mencapai ratusan bahkan ribuan, pemikiran tersebut mungkin akan berubah. Karena pada tahap awal saja, di saat kita akan menambahkan user, sudah terbayang betapa repotnya menjalankan perintah adduser ratusan kali hingga tercapai jumlah user yang diinginkan.

Pada sistem komputer yang memanfaatkan diskless maka kebutuhan akan pembuatan user baru dalam sistem Linux mutlak harus dilakukan, dan untuk melakukan penambahan user baru secara massal kita bisa memanfaatkan pemrograman bash dengan teknik perulangan yang ada pada Linux Debian dipadukan dengan fungsi useradd. Berikut adalah contoh skripnya.

#!/bin/bash
for i in ltspComp{1..254}; do
       useradd $i -m -s /bin/bash
       echo $i:$i | chpasswd
done

Penjelasan skrip
for
fungsi perulangan pada bash programming

ltspComp{1..254}
kita akan membuat user dengan nama ltspComp1, ltspComp2, ltspComp3 dan seterusnya

useradd $i -m -s /bin/bash
perintah Linux untuk membuat user yang dimaksud di atas, -m digunakan untuk membuat home directory, -s /bin/bash digunakan agar user tersebut menggunakan bash sebagai shellnya.

echo $i:$i | chpasswd
digunakan untuk mengubah password secara otomatis agar sama dengan username yang dimaksud
Skrip di atas dapat diketikkan menggunakan editor nano, dan agar skrip tersebut dapat dieksekusi secara langsung, maka letakkan skrip tersebut pada /usr/bin atau /usr/local/bin. Kemudian tambahkan mode eksekusi pada file tersebut. Langkah detailnya adalah sebagai berikut :

  1. Jalankan :
    ~# nano /usr/local/bin/mass-useradd.sh
    lalu ketikkan script seperti di atas
  2. Tambahkan mode eksekusi pada file tersebut dengan cara:
    ~# chmod +x /usr/local/bin/mass-useradd.sh
  3. Untuk menjalankan file tersebut, kita bisa mengetikkan perintah berikut pada sheel:
    ~# mass-useradd.sh
  4. Periksa apakah script tersebut bekerja dengan melihat file passwd dengan perintah :
    ~# cat /etc/passwd
    Jika terdapat user dengan nama yang telah kita tentukan pada script di atas maka pembuatan user secara massal sukses dilakukan.

Comments

Post a Comment

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, berikan kritik dan saran untuk kemajuan Blog / tulisan pada form yang disediakan.