Cerita Mudah Bikin Website

Dulu, sewaktu aku baru mengenal HTML (Hypertext Markup Language), aku berpikir kalo membuat website itu tidak gampang, serba pake rumus....Pusing!!!. Trus..kata teman saya (namanya jaman) ada yang lebih praktis, yaitu dengan menggunakan software dari Microsoft yaitu Frontpage. Walaupun kita tidak pusing mikirin HTML tapi toh..masih banyak kekurangan di dalam frontpage yaitu halaman web masih bersifat statis alias tidak bisa melakukan interaksi antara pengunjung web dengan autor atau administrator websitenya. Interaksi seperti buku tamu, managemen website, berkirim artikel, FAQ, membuat kalender website, chatting, dan lain-lain tidak dapat dibuat oleh Frontpage atau bahasa HTML. Dari seorang temanku tadi (jaman) aku disuruh mpelajarin bahasa PHP (Hypertext Preprocessor), ternyata PHP jauh lebih sulit dari HTML, ....ada variable, array,

konstanta....WAAAAaa..waduh kepala tambah kriting nih.....

Suatu hari aku iseng mencari software2 editor text kayak PHPDesigner, HTML Tool Kit, Edit Plus. Aku pikir dengan adanya software editor yang lebih kompleks maka pengerjaan membuat script jadi lebih mudah, tapi ternyata sama aja....weleh2x.

Ketika Pulang dari kuliah, aku membaca sebuah tabloid yang berisi ulasan seputar dunia komputer. Tanpa sengaja aku tertarik dengan sebuah iklan di tabloid itu. Iklan itu menjelaskan tentang review sebuah buku yang berisi cara pembuatan web praktis dengan menggunakan sebuah CMS yaitu MamboCMS. Dan malamnya, sepulang sholat maghrib aku cepat2 ke warnet, untung warnetnya cuma di sebrang jalan...tinggal jalan kaki. Tanpa pikir panjang, aku bilang ke mas penjaga warnet untuk pesen satu tempat. Dan langsung buka browser, masuk ke google, melakukan pencarian MamboCMS...DAN...KETEMU.... Begitu Klik Titlenya, masuklah ke homepagenya MamboCMS. Mataku tak berhenti mencari-cari sebuah kata download dan...KETEMU...begitu klik, proses downloadpun mulai. Download selesai, simpan filenya di flash driveku dan pulang.

Esoknya aku ke sekolahan, tempat kerja aku sebagai MRIT (Maintenance n Repairing Information Teknology). Aku hidupkan komputer, langsung aktifkan apache web server, dan aktifkan mysql. Ku-extract semua file ke htdocs. Kucoba buka browser dan proses instalasi mambo berlangsung...Jadi deh...

Setelah sekian lama aku mengotak-atik mambo, ternyata ada gak enaknya juga...karena untuk interface dan management web-nya masih menggunakan bahasa inggris dan juga script yang ada di Mambo sulit untuk dimengerti dan sulit untuk dimodifikasi, mau ngedit letak menu2 dan bannernya juga lumayan susah...OK DEH...Akupun vakum lumayan lama dari dunia web2-an.

Sekitar pertengahan bulan januari 2006, di tempat kerjaku (tempat sekolah aku dulu) mendapat bantuan dari pemerintah untuk pengadaan ICT Center. Sekolah aku ditunjuk sebagai pusat Informasi dan Teknologi di kabupaten pekalongan (my hometown is batik city). Wuih...sejak itu aku sangat sibuk sebagai MRIT, mulai dari pasang parabola untuk penangkap sinyal internet dari satelit, pasang jaringan internet untuk sekolahan, install komputer2 baru dan lainnya. Tapi....walaupun sibuk aku bisa connect internet 24 jam, GRATIS dan Gak Perlu repot lagi ke warnet (hehehe...:).

Sekitar pertengahan april 2006, guruku (His name is Handoko) nemu CMS yang bernama AURA. AURA ini adalah CMS bikinan orang kita sendiri (endonesia gitcu.....hehehe..karna kita susah ngomong indonesia) . Trus Pak Han ngasih cms itu ke aku. Tak lama kemudian, aku nyalain komputer dan aktifin si Reactor, ku-extract semua file ke htdocs, buka browser, ketik file path-nya dan nggak langsung jadi. Soalnya harus buat database dulu, dan buat tabel2nya dengan file .sql yang sudah ada dalam paketan tersebut. Database terbuat, tabel terbuat, terus edit file config.php agar sesuai dengan nama database dan penyesuaian yang lainnya. Buka browser lagi dan ketik path-nya lagi dan.......B..e..r..h..a..s..i..l. Waktu aku edit script php dan otak-atik layout-nya, ternyata gak susah, malah sebaliknya mudah banget. Struktur file dan script-nya mudah dipelajari oleh aku yang awam tentang PHP, sehingga aku dapat dengan mudah menggonta-ganti layout, edit tampilan menu, edit search engine-nya dll-lah, POKOKNYA FEEL EASY aja dengan AURA CMS. Yach...Rencana ke depan sih aku mau bikin template yang banyak berbasiskan AuraCMS, moga-moga aja berhasil. Finally....aku sekarang lagi nyantai (gak banget sih) sambil bikin2 website untuk sekolah lain dan bikin website band aku sendiri....Sampun rumiyin lah....

Matur Nuwun alias Terima Kasih 4 Ur Attention.

Comments