CBT untuk AKM, Yuk Coba TMF (TCExam Mobile Friendly)

TMF, CBT untuk AKM


TCExam dikenal sebagai aplikasi CBT yang opensource, ringan, namun memiliki pilihan model soal yang lumayan lengkap. 

Login screen TMF


Beberapa model soal antara lain : 
  1. Pilihan Ganda Jawaban Tunggal 
  2. Pilihan Ganda Jawaban Ganda
  3. Mengurutkan Opsi Jawaban 
  4. Isian Singkat Koreksi Otomatis  
  5. Isian Singkat Koreksi Manual 
Namun sayangnya, TCExam belum ramah dipakai oleh pengguna pada perangkat dengan layar kecil seperti tablet, dan smartphone. 
Oleh karena itu, saya berinisiatif memodifikasi TCExam dimulai dari versi 14.3.0 agar mobile friendly

Daftar Ujian pada TMF



Proses ini dimulai sekitar bulan Juni 2020, hingga rilis di github.com pada bulan Juli 2020. 
Berbeda dari GoCBT TCExam yang juga modifikasi dari TCExam yang saya lakukan sekitar tahun 2016 (selengkapnya bisa baca di https://mamans86.blogspot.com/2020/10/sebuah-cerita-memilih-tcexam-beesmart.html) . 
TCExam Mobile Friendly (Saya singkat saja menjadi TMF) sebisa mungkin menjaga fitur internasionalisasi agar mendukung multi bahasa. 
GoCBT TCExam hanya mendukung Bahasa Indonesia dan menon-aktifkan bahasa lainnya. 
Pengembangan TMF saya usahakan seringan mungkin dengan memanfaatkan HTML5 Boilerplate, jQuery, serta plain CSS, meskipun pada update terkini terdapat library tambahan, namun tetap mempertimbangkan agar sistem tetap ringan. 

Media Query pada CSS dimanfaatkan agar TMF tetap nyaman dilihat dari perangkat berlayar kecil. Lisensi TMF sama seperti TCExam yaitu Dual License, selengkapnya bisa dipelajari di https://tcexam.org/licensing/ 
Peringatan: meskipun TCExam adalah produk opensource namun tidak mengijinkan kita untuk mengganti logo utama dan informasi lain seperti identitas pembuat asli yaitu Nicola Asuni. Link dan teks ke tcexam.com dan tecnick.com pun harus tetap terlihat. 

Sehingga, sebanyak atau sebesar apapun saya memodifikasi TCExam, saya tidak memiliki hak sama sekali untuk mengubah logo dan menghilangkan identitasnya. 
Bagi seorang yang memahami perihal lisensi software, mematuhi lisensi merupakan bentuk respek kita kepada official developer. Meskipun sebetulnya kita bisa mengubah semuanya, namun etika dalam mengembangkan software haruslah tetap dijunjung tinggi. 

Okey, Anda dapat mengunduh TMF di https://github.com/mamans86/tcexam-mobile-friendly 
Untuk memudahkan Guru atau Admin menginput soal, saya juga menyediakan tool konverter online agar pembuatan soal pada TCExam bisa menggunakan file Microsoft Word. Selengkapnya bisa dibaca di https://tkj.yayasan-gondang.com/2020/09/how-to-import-question-from-microsoft.html?m=1 

Sekian, semoga TMF bisa menjadi alternatif aplikasi CBT dan banyak membantu instansi yang membutuhkan.

Comments

  1. Terimakasih informasinya kak ,, mohon maaf kak , bisa bantu saya install di hosting ?. Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. apabila berkenan saya membuka jasa install, silakan bisa japri ke 08561575817

      Delete
  2. Untuk mengatasi error simpan salinan soal gimana ya mas? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  3. saya sudah install bisa jalan, waktu akses admin, sudah isi user : admin dan pass = 1234. Tapi respon user atau pass salah
    Mohon bantuan solusinya

    ReplyDelete
  4. Maaf , saya IMAMUL BAIHAKI, SMPN 3 Taman SIdaorjo
    saya sudah install bisa jalan, waktu akses admin, sudah isi user : admin dan pass = 1234. Tapi respon user atau pass salah
    Mohon bantuan solusinya

    ReplyDelete
  5. Untuk diskusi / tanya jawab silakan langsung menuju ke group Telegram @tmfcbtakm atau link ini https://t.me/tmfcbtakm

    ReplyDelete

Post a Comment

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, berikan kritik dan saran untuk kemajuan Blog / tulisan pada form yang disediakan.