Delete semua file 3gp yang ada di komputer Linux

Image taken from maketecheasier.com

Bagi Anda yang berprofesi sebagai admin lab komputer, khususnya komputer yang berbasis linux dengan didukung juga dgn jaringan komputer dan internet, mungkin howto ini akan sedikit berguna untuk Anda. Dalam lab komputer yang sudah terkoneksi internet seringkali banyak pengguna yang menyimpan file 3gp yang notabene format video tersebut seringkali digunakan untuk hal-hal porno. File 3gp tersebut kadang sengaja disimpan oleh pengguna komputer untuk bersharing dengan teman lainnya atau hanya untuk ditonton di komputer.
Nah masalahnya kadang si user tersebut berusaha menyembunyikan letak filenya yang tentu menyulitkan si admin untuk menemukan filenya. Kadang ada saja pengguna yang membuat banyak sekali folder dan file 3gp-nya disimpan dalam sub, sub, sub, subfolder dibawahnya.

Untuk mengatasi hal tersebut untungnya Linux sudah menyertakan softwarenya secara gratis. Kita hanya akan menggunakan program find dan rm. Dalam contoh ini saya menggunakan Linux Ubuntu 8.10, tp perintah ini saya rasa berlaku untuk semua distro linux yang sudah menyertakan find dan rm.
1. Buka program terminal emulator, Application > Accessories > Terminal.2. Ketikkan:

sudo find /home/ -type f -name "*.3gp" -exec rm -f {} \;
ketikkan password pengguna yang sedang login saat ini.
Karena sebagian besar pengguna linux menggunakan folder home untuk area kerja maka perintah diatas hanya mencari file 3gp pada folder /home/.

Perintah diatas juga bisa dikerjasamakan dengan program cron. Untuk keperluan pendeletan secara otomatis.

Agar komputer linux kita melakukan perintah diatas secara otomatis pada saat komputer mulai booting. Maka langkahnya adalah:
1. Buka program terminal emulator, Application > Accessories > Terminal
2. Masuk ke console root, ketikkan sudo -i, masukkan password pengguna yang saat ini sedang log in
3. Ketikkan crontab -e
4. jika muncul pilihan editor, pilih nano (pilihan ketiga)
5. pada akhir baris file (dibawah baris # m h dom mon .........), tuliskan:
@reboot find /home/ -type f -name "*.3gp" -exec rm -f {} \;

6. Good Luck



Comments