Persiapan Instalasi Sistem Operasi apapun pada VMWare Workstation

Untuk melakukan instalasi sistem operasi pada VMWare Workstation maka perlu kita lakukan tahapan persiapan, dimaksudkan agar proses instalasi berlangsung lancar tanpa ada kendala.



Secara umum proses persiapan instalasi sistem operasi pada VMWare Workstation adalah membuat Virtual Machine baru dengan langkah sebagai berikut:

1. Langkah Membuat Virtual Machine baru, klik pada menu Create a New Virtual Machine.


2. Pada New Virtual Machine Wizard kita pilih Typical. Klik Next.


3. Pada bagian Install from kita pilih Installer disc image file (iso):
Klik pada tombol Browse... untuk memilih file iso dari sistem operasi yang akan kita install pada Virtual Machine yang baru. Klik Next untuk melanjutkan.


4. Ketikkan nama Virtual Machine yang akan kita install misalnya: Debian 8.5. Klik Next.


5. Pada jendela Specify Disk Capacity kita atur kapasitas harddisk virtual yang akan diinstall sistem operasi. Secara default akan tertera angka 20.0 GB. Biasanya kebanyakan sistem operasi bisa diinstal pada harddisk dengan ukuran 20 GB, maka kita langsung klik tombol Next saja.


6. Pada beberapa sistem operasi khususnya pada beberapa distro Linux, akan terjadi proses update secara online pada saat proses Instalasi, sehingga memperlama proses instalasi, maka untuk mencegahnya kita perlu mencabut koneksi jaringan pada Virtual Machine. Sehingga pada Ready to create Virtual Machine kita atur dulu bagian jaringannya dengan klik pada tombol Customize Hardware.


7. Pilih Network Adapter, buang centang pada Connect at power on. Lalu klik tombol Close.


8. Klik tombol Finish, kemudian Virtual Machine akan otomatis menyala dan booting pada media instalasi yang ada pada CDROM (file ISO)




9. Persiapan selesai, lalu kita dapat melanjutkan proses instalasi sistem operasi yang ingin kita install.

Comments