Membangun Jaringan ICT Dindik Kab. Pekalongan

Akhir desember 2006 saya dan temen2 d3-tkj (kholiq, A.khusaeri, Edi Sabara, Anna, ‘n Shinta) berangkat jam 7.30 sampai disana kurang lebih jam 8 pagi. Kami langsung atur bagian dan tugas masing2. Saya dan kholiq menangani kabel jaringan yang melalui plafon. Sisanya memandu kami dari bawah dan memandu kami kemana harus melangkah.
Sesuai dengan instruksi Pak Handoko, untuk kerapihan jaringan, kabel kami masukkan dari bawah menembus plafon. Kabel berpusat pada switch yang terhubung ke modem juniper dan akan dihubungkan ke tiap2 ruang pada gedung dindik. Ada 7 ruang yang membutuhkan kabel jaringan untuk dikoneksikan ke modem juniper tersebut.
Saya dan kholiq naik ke atas plafon, sedangkan 4 orang membagi tugas di bawah, ada yang mengulur kabel dari bawah, ada yang memberi tanda dengan suara untuk menuju ke ruang berikutnya. Saat hari menjelang siang, ruang di atas plafon terasa panas, memaksa saya dan kholiq untuk melepas baju (fiuuhhh). Tapi berkat kerja sama dan kekompakan tim, kabel jaringan pun bisa tersebar ke tiap2 ruangan yang dituju.
Dan saatnya untuk memasang konektor untuk kabel2 tersebut. Yang kami pasang konektor terlebih dahulu adalah kabel yang ujung pertamanya di ruang modem juniper. Kami merencanakan membuat kabel cross-over. Ketika ketujuh ujung kabel selesai dibuat, kamipun ingin membuat ujung yang satunya lagi, tapi hari itu kami kurang beruntung, berhubung waktu udah agak sore, ruangan2 yang ada ujung kedua dari kabel jaringan tersebut udah terkunci rapat. Yahh…. sore haripun kami berkemas dan pulang……………..

Comments

  1. Kapan nih mbangun jaringan selain di Dindik Pekalongan Aku Tunggu ajakannya untuk nambah pengalaman

    ReplyDelete
  2. Kapan ya?? Setahun yang lalu ada tawaran dari SMP Negeri 4 Kajen untuk bangun jaringan LAN di lab-nya.. Gimana mau gak?? Tapi sekarang kok mereka gak kontak saya lagi ya?? Ntar saya tanyain lagi ke orangnya.. Sabar mas kher

    ReplyDelete

Post a Comment

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, berikan kritik dan saran untuk kemajuan Blog / tulisan pada form yang disediakan.