GoUNBK Gratis, Dapat Untungnya Darimana

GoUNBK Linux dapat untung darimana


GoUNBK merupakan sistem operasi yang disediakan secara gratis untuk sekolah yang membutuhkan.

GoUNBK disimpan di layanan penyimpanan online seperti Google Drive dan didistribusikan melalui jaringan Internet.

Pengguna gratis mengunduh GoUNBK setelah mengisi form registrasi yang telah disediakan.

Seperti yang telah saya ceritakan di https://mamans86.blogspot.com/2020/10/cerita-dibalik-pencarian-solusi.html Bahwa pembuatan GoUNBK dimulai dari bulan Oktober 2018, hingga dirilis ke publik pada Desember 2018.

Pengembangan selama kurang lebih 2 bulan, membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran.

Ada pula pengorbanan materiil berupa listrik, pulsa/kuota guna menunjang riset selama pengembangan.

Logistik berupa makanan/minuman untuk menunjang lembur pengerjaan juga perlu tersedia agar tidak jatuh sakit selama pengembangan.

Untungnya, alat dan bahan selama pembuatan disupport oleh SMK Gondang Wonopringgo, seperti : laptop, server, jaringan dan komputer client.

Sehingga saya bisa lebih fokus pada pembuatan sistem.

Setelah proses pengembangan tahap awal selesai, masih dilanjutkan lagi dengan pendampingan penggunaan program.

Pendampingan ini merupakan tantangan lain dalam rangka komitmen saya terhadap GoUNBK.

Pengguna GoUNBK yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, tentunya membutuhkan penanganan khusus karena adanya perbedaan zona waktu.

Sebagai contoh sekolah di Indonesia Timur sudah menyelenggarakan fase Ujian, namun terdapat kendala yang mengharuskan teknisi menghubungi saya melalui saluran komunikasi online.

Hal semacam itu harus dimaklumi meskipun di tempat tinggal saya masih menunjukkan pukul 05.00 WIB.

Tentunya proses pendampingan semacam ini juga membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran serta materi untuk tetap melayani pengguna dengan baik.

Apabila ada kesalahan atau bug pada sistem, saya juga memberikan solusi berupa update / perbaikan sistem.

Hal itu sejalan dengan kaidah SDLC yaitu Software Development Life Cycle, sebuah program tidak hanya dibuat lalu selesai dan ditinggalkan, perlu adanya kontinuitas perawatan atau perbaikan agar survive.

Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan saya untuk meng-gratis-kan GoUNBK antara lain:

1. GoUNBK merupakan sistem baru, dan belum pernah sekalipun dipakai pada pelaksanaan UNBK sebelumnya.

2. Tiap pengguna GoUNBK, harus menyetujui secara sadar bahwa GoUNBK adalah solusi alternatif, dan segala resiko yang timbul adalah tanggungjawab pengguna.

3. Karena keterbatasan tipe komputer di sekolah saya, GoUNBK belum teruji untuk berjalan di semua perangkat keras komputer. Sehingga saya perlu banyak tanggapan / masukkan dari pengguna yang memiliki tipe komputer yang berbeda.

4. Momen UNBK merupakan momen setahun sekali dan dilaksanakan beberapa hari saja, meskipun fase awalnya sudah dimulai beberapa bulan sebelum fase utama dilaksanakan. Apabila GoUNBK merupakan produk berbayar, maka hanya akan menjadi beban dan tekanan bagi saya, mengingat poin 1 dan 3 di atas masih menjadi problem yang membutuhkan perhatian khusus.

5. GoUNBK bergantung pada Exambrowser milik Pemerintah. Apabila mekanisme UNBK berubah dan Exambrowser versi Linux tidak diupdate oleh Pemerintah maka tidak ada jaminan GoUNBK dapat bekerja. Hal ini tercermin pada simulasi 1 jenjang SMK UNBK 2020, yang mana Exambrowser pada GoUNBK hanya dapat menampilkan 1 butir soal saja. Syukur Alhamdulillah, beberapa hari kemudian pemerintah mengupdate Exambrowser Linux, sehingga simulasi 1 untuk jenjang SMA dan SMP bisa terselamatkan.

6. GoUNBK merupakan salah satu wujud rasa syukur dan bakti saya kepada Dunia Pendidikan, karena pada tahun 2018 saya berhasil menyelesaikan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Hal ini sejalan juga dengan amanat yang pernah saya dengar, bahwa Guru yang sudah memiliki Sertifikat Pendidik hendaknya memiliki sebuah karya untuk memajukan Pendidikan.

Poin no. 2 di atas selalu saya gaungkan kepada seluruh pengguna GoUNBK, agar tidak menyalahkan saya apabila terjadi kejadian fatal. 

Meski demikian komitmen saya untuk mensupport, mengupdate, memperbaiki hingga mendampingi pengguna tidak pernah hilang. Hal ini dibuktikan dengan adanya update yang berkelanjutan dari versi 1.2 hingga 1.9, sampai yg terbaru adalah GoUNBK Plus.

Apabila hanya dilihat dari sudut pandang materiil dan bisnis, maka apa yang saya lakukan bersama GoUNBK bisa dianggap tidak memiliki nilai keuntungan.

Namun bila dipandang secara lebih luas, maka kegiatan saya ini memiliki banyak makna.

Bagi saya pribadi, hal ini saya jadikan sebagai pengalaman yang berharga dalam rangka membantu memajukan Dunia Pendidikan meskipun pada sektor kecil.

Berkenalan dengan banyak orang di group yang sama-sama peduli terhadap pendidikan juga merupakan keuntungan. Banyak pelajaran yang saya dapat dari pengalaman orang lain selama menangani permasalahan berkaitan dengan komputer di lingkungan sekolah mereka.

Hal ini juga membuka kesempatan bagi saya berkolaborasi dengan Guru di daerah lain untuk memajukan pendidikan melalui project pembuatan aplikasi.

Apakah sama sekali tidak ada pemasukan secara materiil? Ada, beberapa pengguna yang merasa puas dan terbantu, secara sukarela memberikan donasi seikhlasnya. Ada yang berdonasi dalam bentuk pulsa, uang maupun perangkat keras komputer.

Donasi juga diberikan dari pengguna atau sekolah yang menginginkan GoUNBK versi Full.

Namun yang namanya donasi, maka tidak ada patokan nilainya, berapapun nominalnya tetap diterima dan wajib disyukuri.

Saat ini GoUNBK Full dan Lite sudah melebur menjadi satu versi yang bernama GoUNBK Plus. 

Gratis dan bebas dipakai oleh seluruh sekolah di Indonesia yang membutuhkan.

Terus kalau GoUNBK Gratis dapat Untungnya darimana?

Seperti yang diuraikan di atas, meskipun ada penghasilan secara finansial namun belum bisa dikatakan untung.

Tapi semua itu sudah terbayar melalui perasaan bahagia, senang dan bangga. Karya seorang ndeso seperti saya bisa berguna, bermanfaat dan dipakai oleh banyak sekolah di Indonesia.

Semua yang saya lakukan bersama GoUNBK adalah ikhlas. 

Saya menulis ini semata-mata untuk dokumentasi pribadi dan berbagi pengalaman. Berhubung saya juga merupakan seorang Guru, mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak didik saya agar mereka berkarya dan memberikan manfaat bagi sesama.

Segala hal yang baik silakan diambil, segala hal yang buruk mohon buang jauh-jauh.

Semua hal baik yang saya lakukan semata-mata karena Rahmat, kasih sayang dan karunia Allah SWT. 

Semua hal buruk yang ada pada saya adalah karena kebodohan dan kekhilafan saya.

Mohon dimaafkan apabila ada salah kata. Apabila ada hal yang ingin disampaikan mohon bisa menuliskan komentar pada tempat yang telah disediakan di bawah.

Terimakasih banyak kepada yang sudah sudi membaca tulisan saya hingga selesai.

Pemuda Kuat, Bangsa Hebat, Indonesia Maju


Comments

Post a Comment

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, berikan kritik dan saran untuk kemajuan Blog / tulisan pada form yang disediakan.