Lab. Internet SMK N 1 Kedungwuni berhasil ter-LINUX-kan

Alhamdulillah... setelah berjuang lama banget akhirnya Lab. internet SMK Negeri 1 Kedungwuni ter-LINUX-kan sudah. Komputer yang buat main anak-anak STM sekarang pakai linux semua yaitu Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon). Dengan bantuan theme dari NotXP, sehingga tampilan mirip dengan XP walaupun ada beberapa bagian yang belum mirip. Untuk screenshootnya bisa dilihat disini.

Awalnya, komputer telah terinstall XP saat pembelian sejumlah 36 biji (biasalah... illegal operation yang sering terjadi di Indonesia, XP terinstall saat beli komputer). Sebulan berlalu, komputer-komputer dipake untuk pelatihan LINUX (membuat router dan webserver pake SUSE 9.3). Jadilah komputer-komputernya dual boot, yang satu XP dan satunya SuSE 9.3 (mode text....gelaap).

Lama waktu berjalan, OS windows-nya dah mulai gatel-gatel kena kuman, virus, trojan, worm, bakteri, dan sejenis penyakit umum window$ lainnya.
Yang ngrawat juga ikut-ikutan ketularan. Saya install ulang semuanya lagi dengan tetep pake windows karena perintah atasan. Kali ini kondisi kompi-kompi rada saya perhatiin setiap harinya (sebenarnya OS-nya), saya tune-up (utilities 2006 crack ......sorry...), kasih antivirus (kaspersky.......license jg crack...sorry...). Tapi tetep, dasar dari sononya antibodi si Windows lemah, ya tetep, glubrak lagi... install ulang lagi, glubrak lagi. Capek Pak.

Setelah saya pikir-pikir, kok kenapa gak pake linux aja. Lalu saya ambil inisiatif sendiri untuk coba-coba install komputer dual boot dgn LINUX. Pertama saya dual bootkan windows dengan SuSE 9.3 desktop, tapi gak semua. Setelah liat-liat berbagai macam distro di internet kok bagus-bagus, lalu saya download dan dual bootkan lagi dengan kompi lain. Nah bergitu deh.. kalo ada distro yang bagus dan saya rasa sreg, langsung saya coba dual boot-kan. Kalo dihitung sudah banyak banget distro-distro mampir di kompi-kompi STM. Mulai dari SuSE 9.3, puppy, tmxxine, zenwalk, gentoo, mandriva 2007/2008, PCLinuxOS, solaris, fedora (sekarang DVDnya ilang...sedih rasanya....tapi dalam hati tetep ngrasa lom ilang...mungkin kesingsal aja), ubuntu 7.04, ubuntu 6.06, geubuntu, greenOS, bahkan pernah coba-coba ngrakit linux sendiri yaitu instal ubuntu minimal tanpa grafik trus pasangin satu-satu software pendukungnya kayak X-server, window manager, dan aplikasi desktop lainnya.

Dari sekian banyak distro yang udah aku coba, mungkin tmxxine(puppy based)-lah yang cukup lama saya pakai (hampir 3 bulanan) dan hampir saya installkan ke semua komputer. Tapi setelah coba-coba untuk install aplikasi lainnya, kok tmxxine kurang flexible (source untuk programnya kurang...CMIIMW).

Lagi-lagi windows lagi. Karena ada keperluan untuk entry data dari dinas pendidikan, akhirnya tmmxine harus aku relakan untuk dibabat lagi dengan XP.

Tapi... saatnya bangkit. Sekitar 3 bulan terakhir, saya berinisiatif untuk install semua kompi dengan ubuntu 7.10.

Akhirnya terlaksana sudah hasratku. Ubuntu terbukti handal, gak rewel, mudah dikonfigurasi, mau install software juga enteng gak repot, tinggal apt-get atau pake synaptic, Desktop Manager gnome juga customizeable, mau ganti theme tinggal masuk aja ke gnome-look atau resource lain yang nyediain, mau upgrade ke ubuntu versi yang lebih tinggi juga mudah.

Pikiran jadi enteng, jadi bisa nglakuin kegiatan lain kayak ngeblog, browsing, garap tugas kuliah, dll... SAY GOODBYE to penyakit OS (gatel-gatel kena kuman, virus, trojan, worm, bakteri, dan sejenisnya)....

Siapa mau ikut...???

Best Regards...
Maman Sulaeman

Comments