Pengalaman Ujian Jeni Memang “Sesulit” yang Dibayangkan

Mulai hari sabtu tanggal 9 februari 2008 kami mahasiswa D3 Dapodik Kab. Pekalongan melaksanakan ujian jeni di
STMIK Widya Pratama Pekalongan. Kami mulai ujian pada pukul 9 pagi WIB. Pada mulanya semua lancar sampai proses
login. Kami mulai mengerjakan untuk bab 1 yaitu dasar pemrograman java. Pada saat kita selesai dan klik tombol submit……
Apa yang terjadi…?? Sebuah kalimat ERROR nampak dengan sangat rapi, seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini:


Klik disini untuk melihat gambar tersebut

Kami semua rada panik dengan munculnya kalimat itu. Kata Pak Christian selaku dosen pengampu mata kuliah java, kami harus selalu melakukan refresh bila muncul kalimat error tersebut. Ya.. kami turuti apa kata pak TATA (sebutan pak christian), tapi apa yang kemudian terjadi lagi..?? kalimat error yang sama masih saja muncul dan itu jelas tidak membuat kami puas. Mungkin sudah 20 kali lebih kami merefresh tapi masih muncul pesan ERROR yang indah itu. Wahahahah…cepeeeeeek nih. Untuk kesekian kali refresh akhirnya salah satu temen kami masuk juga ke halaman grade. Dia gak begitu lama langsung klik aja tu tombol grade. Tapi apa yang terjadi …??? kalimat error itu datang lagi dengan sangaaaaaaat sopan padahal gak permisi dulu. Tapi ada juga dari temen kami begitu klik tombol grade sudah muncul nilainya. Tapi sebagian besar dari kami harus merefresh puluhan kali dulu baru bisa muncul nilainya.

Temen kami Anna malah punya kejadian yang lebih aneh lagi. Sewaktu dia klik submit, muncul error dan dia refresh berulang-ulang hingga pada kesekian kali refresh, proses berhenti ditengah jalan. Dan apa yang terjadi…?? Secara otomatis rupanya sessionnya habis (logout sendiri). Dia coba login lagi dan melihat lagi assessment untuk bab 1. Tapi begitu dia klik untuk bab 1 ternyata waktunya habis, dan si-jeni mengharuskan dia untuk submit. Dan tapi apa yang terjadi…?? Begitu dia klik grade ternyata nilainya 0. Tentunya ini sangat mengecewakan untuknya, padahal dia sudah mengerjakan dengan sangat baik soal-soalnya. Ternyata tidak hanya Anna yang punya pengalaman seperti itu, bahkan ada lagi yaitu slamet, biyal, ririn, dan samsudin.

Pada sekitar jam 1 an siang kita diinstruksikan untuk mulai mengerjakan bab 2 yaitu struktur kontrol. Sayapun mulai mengerjakannya dengan hati-hati. Saat mulai submit saya khawatir juga kalo akan terjadi error lagi seperti tadi. Dan………………kekhawatiran saya memang bener-bener terjadi dengan munculnya kalimat error yang sama persis (gak beda), yah…. terpaksa saya melakukan kegiatan rutin kami pada waktu itu… Apaan tuh..???

YA REFRESH DUNK BANG……

Untung STMIK WP punya keyboard-keyboard yang kualitasnya bagus, jadi walaupun kita tekan F5 untuk refresh ratusan kali, keyboardnya masih baik tuh. Jadi kita tambah semangat aja untuk me-Refresh.. Hahahahahha…. Capek sih.. tapi mau gimana lagi wong udah ketentuannya harus gitu. Kalo gak gitu ya gak bakal bisa muncul grade-nya. Pada refresh yang ke-sekian kali (gak tau dah keberapa kali….) muncul juga halaman gradenya, wah seneng banget aku jumpa padamu GRADE… Tapi apa yang terjadi saat aku klik grade… Lagi-lagi error gopek. Beberapa kali aku refresh tapi tetep gopek masih muncul. Untuk kesekian kali refresh akhirnya muncul nilainya juga yakni: score = 64.0 presentase=80.0%. Wah lega……. Tapi tunggu, aku mau lihat gradebooknya dulu sudah masuk atau belum. Beralih dari halaman grade aku masuk ke halaman gradebook, tapi apa yang ada??? Ternyata nilaiku yang 81% itu belum masuk ke gradebook, hal ini sama sekali berbeda dengan waktu saya mengerjakan bab 1 dimana sewaktu aku klik tombol grade terjadi error tetapi ketika aku lihat di gradebook nilainya sudah ada. Aneh kan…??? Ternyata keanehan masih berlanjut. Sewaktu saya melihat daftar assessment, ternyata bab 2 yang telah saya kerjakan tadi masih muncul (ini juga berlainan dengan ujian online seperti CCNA atau sejenisnya, dimana apa yang telah dikerjakan pastinya tidak akan muncul lagi kalo dah selesai dikerjakan). Ya sudah.. karena nilaiku belum masuk gradebook, saya klik lagi tu assessment. Dan apa yang terjadi setelah saya meng-klik assessment???? Ternyata saya dianggep belum menyelesaikan ujian bab 2, ini ditandai dengan waktu yang terus berjalan pada kiri atas halaman, saya masih mempunyai sisa waktu sekitar 30 menit.. Aneh..??? Anehnya semua jawaban sudah tertandai sama seprti apa yang tadi saya kerjakan, ya sudah saya tinggal klik submit saja. Selesai…. STOP belum.. Seperti biasa saya harus merefresh lagi untuk bertemu dengan GRADE. Wah grade sudah muncul berarti saya akan melihat hasilnya. Saya gak sabar langsung klik GRADE, dan tumben langsung muncul nilai saya, nilaipun sama seperti tadi yakni score = 64.0 presentase=80.0%. Sudah legakah saya..?? ternyata belum, saya cek lagi di gradebook, masih kosong dan saya lihat pada daftar assessment masih ada soal untuk bab 2 tadi. Berikut ini adalah gambar keanehan yang bisa saya tunjukkan kepada pembaca sekalian.

Klik disini untuk melihat keanehan tersebut


Keterangan gambar:

lingkaran merah merupakan hasil ujian untuk bab 2

lingkaran hijau merupakan hasil ujian yang masuk ke gradebook, terlihat bahwa untuk bab satu sudah masuk.

Itulah gambar keanehan yang saya maksud. Padahal saya sudah dua kali mengerjakan tetapi kenapa masih gak masuk ke gradebook. Tetapi “nasib” saya ini masih mending daripada temen saya, namanya Biyal. Sewaktu dia mengklik assessment untuk bab 2 dan mengklik tombol “mulai ujian” untuk melihat halaman soal, dia berulang kali harus merefresh halaman karena error 500 muncul terus menerus. Nah… ketika refresh untuk kesekian kalinya dia baru bisa melihat halaman soal untuk bab 2, tetapi OoOO….. Sisa waktu untuk mengerjakan ternyata tinggal beberapa menit saja (kurang dari 5 menit). Jadi selama dia refresh terus-menerus ternyata waktu ujian sudah dihitung padahal kan belum melihat soalnya sama sekali. IRONIS…………apa TRAGIS ya…??? Ini jelas tidak adil. Jadi…. kenapa semua ini bisa terjadi??? Apakah konfigurasi server yang kurang baik atau kondisi hardware dari server yang kurang baik. Asumsi saya bisa dua-duanya. Karena konfigurasi server yang kurang baik bisa saja error tersebut terjadi, terus kalo hardwarenya kurang memadai untuk server (misalnya seperti pentium 1 masak dipake untuk webserver ujian jeni) ya pasti error lah karena pada saat itu dipake untuk jumlah koneksi yang banyak. Tapi apapun itu, mohon untuk tim sysadmin jeni terutama yang menangani werbserver exam.jeni-diknas.or.id segeralah untuk membenahi kesalahan-kesalahan tersebut.Kami selaku mahasiswa benar-benar tidak nyaman (terganggu bahkan sebagian dari kami sebel atas error tersebut). Terima kasih.

Comments

  1. emang ujian jeni waktu itu ga berjalan lancar. n sempet dibuat kesel waktu ngerjainnya. udah berhari-hari tapi ga kelar2. eh habis tuch kan langsung semesteran dan pengumuman drop out bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat.
    jadi ujian jeni ga ada kelanjutannya entah kemana...n dinyatakan kita semua lulus walaupun ada 1 yang ga lulus.
    sampe sekarang ko belum ada sertifikat atau hasil dari ujian jeni ya????

    ReplyDelete
  2. Wah...pengalamannya sama kayak saya mas.

    ReplyDelete
  3. ckckck, aduh malu2 in deh kmu java kok error?

    ReplyDelete

Post a Comment

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, berikan kritik dan saran untuk kemajuan Blog / tulisan pada form yang disediakan.